Menyalakan Mesin Dingin


Menyalakan mesin Karimun dalam kondisi dingin gampang-gampang susah, buat yang terbiasa dan tahu triknya, ah gampang saja, sekali putar kunci langsung greengg, tapi lain soal buat yang newbie soal Karimun, sudah distarter berkali-kali kok mesin mati melulu, huh menyebalkan.

Karimun memang masih mengandalkan karburator buat pemasok bahan bakarnya. Karenanya tidak adanya pengatur otomatis (layaknya injeksi dengan ecunya) untuk mengatur campuran bensin dan udara agar lebih kaya yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin pada saat dingin. Setting di karburator yang tepat juga akan sangat membantu menyalakan mesin dalam kondisi dingin. Tapi tenang ada kok solusi dan tips dan triknya.

1. Choke
Letaknya ada disebelah kiri setir. Tinggal tarik choke dan hidupkan mesin. Jika mesin hidup dengan RPM terlalu tinggi, turunkan choke perlahan-lahan, hingga dicapai RPM ideal sekitar 1000 – 1100 RPM, tahan choke diposisi itu untuk beberapa saat, jika suara mesin sudah stabil, kembalikan choke.

2. Bejek Pedal Gas
Cara lain adalah dengen membejek pedal gas (bejeknya santai saja) 2 – 3 x sebelum distarter. Setelah itu hidupkan mesin.

3. Injak Pedal Gas + Starter
Cara yang lebih agresif adalah dengan menginjak pedal gas (1/2 saja) dan starter secara bersamaan. Setelah mesin hidup langsung lepas pedal gas.

PERHATIAN
Sebaiknya jangan menjalankan mobil dalam kondisi dingin hingga tercapai suhu ideal (kira-kira di atas indikator C) karena tentu selain memaksa mesin dan komponennya, mobil juga seakan brebet jalannya.

About these ads

11 responses to “Menyalakan Mesin Dingin

  1. hari gini kok masih bgini, hayo karimuners sing pinter-pinter cari solusi buat blog mania

  2. Mas saya mo tanya nih .Kenapa karimun saya walaupun sudah di injak pedal gas 3 kali atau coke ditarik pedal gas di tekan dan di stater masih susah/staternya masih agak lama? terima kasih atas jawabannya

  3. iya
    ada gak sich yg udah modif karimun nya
    jadi pake injection ?

    kayaknya lebih asik
    dan kalo ada ygudah
    berapaan ya modalnya ? :)

  4. dulu karimun saya juga susah di-start. setelah dilihat-lihat, pasokan bensin ke karburator minim. Pompa bensin cuma nyala selama lampu EPS nyala setelah kunci dikontak, setelah itu pompa mati, baru hidup setelah mesin nyala. Daripada pusing tiap pagi, kabel (+) pompa bensin (warna pink) disambung ke sumber listrik dikasih switch. Jadi setelah lampu EPS mati, switch tambahan di ON kan sekitar 10-15 detik, matikan, langsung start, GRENG…., dan cara berhasil di karimun saya.

  5. mas karimun say gak perlu kaya gitu,,,biar taun 2002 tapi lancar terus tuh…

    itu sih gmn cara pakai kita aja,,,klo bnr makenya gak ada istilah harus tarik2 choke sgla!!!

    yang penting bw yang pake karimun jgn telat ganti oli mesin aja!!!

    itu trik dari gw

  6. mau ikutan nanya neh gimana kalo indikator jam digital karimun hitam 03 sy koq ga bisa hidup/nyala ya setelah ganti aki baru ada yang bs bantu ga

  7. saya mau tanya karimun saya th 2003 setiap 2 bulan pompa bensin selalu mengalami kerusakan sekarang saya sudah tiga kali ganti pompa bensin mohon bantuan infonya dan juga solusinya trims

  8. saya br beli karimun th 2004 dan saya mau tanya apakah di tranmisi ada lubang,apakah semestinya tertutup

  9. mas,karburasi karimun 2001 dganti ijection,bs gak? audah da yang coba belum? trmksh jwbnya

  10. Susah hidup mesin cuma dua penyebabnya,sistem bahan bakar terganggu dan kelistrikan ga normal…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s