Seputar Power Steering Karimun


Untuk meringankan kerja setir saat dibelokkan, Karimun sudah mengadopsi power steering yang bisa dibilang lebih baik dibanding kompetitornya, yaitu power steering elektris (electronic power steering/EPS). EPS juga dipakai pada Mazda Vantrend, Suzuki SWIFT, Honda Jazz dan banyak lagi.

KELEBIHAN EPS (KARIMUN)

1. Free Maintenance

Bisa dibilang EPS pada Karimun itu free maintenance, alias bebas perawatan karena beda dengan hidraulis yang menggunakan oli–dimana pada periode tertentu diharuskan mengecek dan mengganti olinya, EPS Karimun menggunakan sistem elektrik, tidak ada pompa hidraulis, tidak ada oli, tidak ada perawatan.

2. Tidak Membebankan Kinerja Mesin

Karena tidak menggunakan pompa hidraulis, maka tenaga dari mesin tidak berkurang untuk menggerakan pompa. EPS Karimun sama sekali tidak membebankan kinerja mesin.

3. Off pada kecepatan >60 KM/h

Uniknya EPS pada Karimun akan mati pada saat kecepatan di atas 60 KM/h, hal ini tentu saja lebih kepada kenyamanan dan keamanan pengemudi sehingga handling setir tetap mantap di kecepatan tinggi.

YANG HARUS ANDA KETAHUI

Pada panel instrumen Karimun terdapat indikator EPS yang merupakan indikasi bekerja atau tidaknya(ada masalah) pada power steering Karimun. Indikator EPS biasanya akan mati saat mesin sudah hidup (pada Karimun tahun terbaru) atau hidup beberapa saat kemudian mati sebelum di start. Jika indikator EPS menyala terus (atau berkedip) setelah mesin hidup serta setir terasa berat, kemungkinan ada masalah dengan EPSnya.

Opps…jangan panik dulu kalau indikator EPSnya menyala. EPS Karimun bisa dibilang bandel karena sangat jarang sekali rusak. Biasanya problem ini muncul karena ada masalah dengan sistem kelistrikannya. Karena menggunakan EPS maka listrik menjadi sumber utama sebagai pasokan tenaga untuk menggerakan motor power steering. Maka coba jalani pengecekan hal-hal berikut.

1. Cek Aki dan Alternator

Karena pada saat menyalakan pertama kali EPS mengambil daya dari Aki untuk menghidupkannya, jika Aki tekor/lemah maka EPS akan lemah, biasanya juga dibarengi dengan mesin susah di start.

Periksa juga Alternator, apakah masih dalam kondisi baik, karena bila alternator rusak maka pengisian listrik ke aki akan bermasalah sehingga aki cepat tekor meskipun aki sudah di ganti baru. Caranya mengeceknya dengan melepas positif aki saat mesin dinyalakan. Jika pengisian bagus maka mesin tetap hidup.

Perlu diperhatikan juga bahwa penggantian aki jangan sampai melebihi spesifikasi standar mobil, karena jika mengganti dengan ampere yang besar maka spesifikasi alternator juga perlu diganti dengan yang kapasitasnya lebih besar.

2. Cek Konektor EPS dan Sekring

Cek Konektor EPS yang ada di balik dashboard, biasanya karena usia atau goncangan konektor dapat menjadi longgar atau kotor, bisa dibersihkan dengan cairan penetran seperti WD-40.

Selanjutnya cek juga sekring power steering, apakah putus atau tidak, karena jika putus maka aliran listrik ke power steering juga akan terputus.

62 responses to “Seputar Power Steering Karimun

  1. Siapa bilang EPS jarang rusak , mobil gw baru 2 tahun EPS sudah rusak , ganti sampai habis 6 Jutaan , di Suzuki Handi Jaya , gunung sahari

  2. Kalo konektor dan kabel dari modul EPS ke sekring sudah ok, kira2 apanya lagi ya? sekring luar dalem sudah ok, kabel ground emang jelek kualitasnya kalo di ukur dari dalem ke konektor aki. tp udah ditambahin kabel ground, pake kabel ukuran 8AWG, gw rasa cukup, soalnya lampu interior sampe lampu rem belakang semuanya jadi lebih terang, masalah eps tetep aja ada.
    Kalo dibiarin lama eps nga jalan, bisa ngerusak modulnya nga?

    Mobil gw uda jalan 100rb km, 6 tahun. Emang biasa digeber di cipularang, banyak kegoncang jadinya. Tp biasanya nga apa2, gw sendiri jg lg berharap bukan modul epsnya yang rusak. skrang harganya 3jt-an, kalo servis 800rb-an, lumayan mahal ya…
    Katanya bisa diakalin dengan pasang capasitor bank, tp gw belom coba.

  3. karimun istri terdengar bunyi duk-duk dijalan gak rata di sebelah kanan ban depan, setelah di cek di bengkel kaki-kaki ternyata terot, long terot, ball join, dsb bagus.
    kerusakan ada dimana ya ?
    Dan karena Jakarta banyak jalan yg berlubang, per depan & belakang saya tinggikan depan menggunakan per Carry Futura bklg pakai per nisan. Apakah ada efek sampingnya ?
    Trima kasih

  4. saya pemakai karimun 2001. Saat ini sedang ada
    masalah: kadang-kadang power steering berat,
    bersamaan dengan indikator temperatur naik -turun. Kalau AC saya pakai ECO atau dimatikan, indikator temperatur juga naik.
    Ada rekan yg pernah menghadapi masalah yg sama? ada pencerahan solusinya?
    Catatan: konektor power steering dan lain2 sdh dibersihkan menggunakan contact cleaner.
    thanks.

  5. =karimun istri terdengar bunyi duk-duk dijalan gak =rata di sebelah kanan ban depan, setelah di cek di =bengkel kaki-kaki ternyata terot, long terot, ball join, =dsb bagus.
    =kerusakan ada dimana ya ?
    =Dan karena Jakarta banyak jalan yg berlubang, per =depan & belakang saya tinggikan depan =menggunakan per Carry Futura bklg pakai per =nisan. Apakah ada efek sampingnya ?
    =Trima kasih

    ———————

    Kok bisa ya? problem Karimun saya sama dengan mobil istri Anda, tapi saat saya cek di bengkel resmi Suzuki di Warung Buncit, harus ganti tie rod dan long tie rod serta service lower arm.
    Ada yang bisa jelas kan?

  6. Saya punya karimun tahun 2002, skrg eps-nya mati total(rusak)krn terendam banjir kmrn,yg ingin saya tanyakan dimanakah saya bisa mendapatkan eps yg bekas tp msh berfungsi dgn baik (copotan) kira2 hrgnya brp?,ato klo bisa direpair dimana(murah tp ok)?krn klo beli baru terlalu mahal bagi saya maklum kantong mahasiswa he6.buat infonya thx y

  7. =karimun istri terdengar bunyi duk-duk dijalan gak =rata di sebelah kanan ban depan, setelah di cek di =bengkel kaki-kaki ternyata terot, long terot, ball join, =dsb bagus.
    =kerusakan ada dimana ya ?
    =Dan karena Jakarta banyak jalan yg berlubang, per =depan & belakang saya tinggikan depan =menggunakan per Carry Futura bklg pakai per =nisan. Apakah ada efek sampingnya ?
    =Trima kasih

    ———————

    Kok bisa ya? problem Karimun saya sama dengan mobil istri Anda, tapi saat saya cek di bengkel resmi Suzuki di Warung Buncit, harus ganti tie rod dan long tie rod serta service lower arm.
    Ada yang bisa jelas kan?

    Mobil Karimun saya tahun 2000 dan pernah mengalami hal serupa yaitu bunyi duk duk yang cukup keras di daerah sekitar kemudi. Coba cek rack setir mobil Karimun anda. Karena menurut ahli mekanik langganan saya problem ini sering muncul

  8. benerin eps yang sesuai kantong mahasiswa di mana yaaa???
    plis info

  9. Karimun saya 2004 sering eps berkedip2 dan PS jadi mati. 4 hari berturut-turut ke BERES di Bdg suruh ganti macem2 konector gak selesai juga. Akhirnya dibawa ke tukang dinamo & kelistrikan mobil 30menit penyakitnya hilang.

    Karimun saya sudah 30rb km, kemarin dah diganti ke 4 shock breaker, tapi sekarang muncul penyakit baru suara dug-dug saat jalan. Menurut bengkel kaki-kaki ada masalah dibawah setir dan kemungkinan harus diganti. Wah nih penyakit gantian munculnya…Pusing…

  10. Ini sekedar kasi Info aja ya bisa betul bisa ngga tapi bisa di cek klo emang ada masalah yang sama dialamin karimun kamu..Karimun saya bunyi gluduk2 di kaki2 bahkan dijalan lurus kaya tol sekalipun..saya udah ganti shock, balljoint, tierod sampe putus asa ga ada perubahan.setelah semua diganti ternyata permasalahannya ada di part yang namanya Rexstir, itu ada nya di bagian setir makanya bunyinya labih terasa di bagian depan kanan…harganya sekitar 100ribuan tapi akhirnya selesai permasalahannya..at least sampai sekarang blom bunyi2 lagi…Mudah2an ga bunyi lagi deh..bikin Stress..

  11. EPS mati atau nyala hidup eh mati… bisa jg karena accunya sudah tekor alias harus ganti… jadi jangan ampe dibohongin ama bengkel…

  12. kalo mobil kondisi OFF, katanya setir ga boleh sering-sering di belok-belokin ya (ngelurusin ban)? dikatakan itu penyebab EPS nya mudah jebol. benarkah?

    (menunggu kedatangan Estilo Merah)

  13. Kayanya sebelum menyimpulkan masalah EPS perlu di cek dulu kelistrikannya, mungkin ada yang bisa rekomendasi tukang listrik?

  14. saya punya karimun tahun 2004. Seperti problem yang sebelumnya, EPS saya sering ngga fungsi alias kadang setir terasa berat.

    Yang ingin saya tanyakan apakah penggunaan Audio bisa mempengaruhi kerja EPS, kebetulan pada sistem audio dipasangi anti stroring.

    Tiap kali audio dinyalakan setir terasa berat.

    Bagaimana solusinya, apakah ganti aki dengan ampere gede atau yang lain. trims

  15. sy baru beli estilo, sy test di kecepatan tinggi ga stabil tuh stir agak goyang, padahal baru km masih di bwh 2000. Apa blm disporing and balancing kali ya, masa mobil baru ga diprepare dulu seblm di kasih ke konsumen.

  16. handy gunawan/Neo KCB#008

    Bagi pengguna Karimun Klasik (kotak) dan Karimun Estilo ayo gabung di KARIMUN CLUB terdekat. KARIMUN CLUB INDONESIA hadir di Jakarta, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Bali, Makasar. Silahkan kunjungi web kami di :

    http://www.karimunclub.com

    http://suzuki_karimun@yahoogroups.com

    http://forum.karimunclub.com

    Silahkan bergabung dan dapatkan fasilitas diskon dan kemudah2an informasi.
    Kami menanti kahadiran Anda. Selamat Bergabung.

  17. ampir banyak di masalah eps begitu juga karimun aku, kalo ganti eps nya yang dibawah stir bisa 4juta gile bener, ada alternatif yang kualitas sama tapi murah seperti kapasitor bank mahluk kaya apaan tuh minta infonya dng.tks

  18. saya baru beli karimun second th 2000. dan ini jg mobil pertama saya. saya masih menikmatinya kog, biar mesti ada perawatan kecil sana sini :)
    karimun asik…. hiks!

  19. dulu saya juga punya karimun,dan kalau eps bermasalah itu karena kekurangan suplai listrik ,jd jangan sering membelokan setir saat keadaan mesin tidak menyala karena suplai listrik hanya dr accu dan hindari pemakaian listrik dr accu yg berlebihan(faktor kerusakan eps sangat bervarisai,sebaiknya melakukan pengecekan ke bengkel suzuki,bila kurang yakin coba ke beberapa bengkel suzuki lainya karena sangat mungkin jika mekanik dari salah satu bengkel kurang berpengalaman dan asal dalam membuat keputusan mengenai mobil anda).

  20. klo bicara accu bisa ga yah pakai accu kering?apakah dealer kira2 merekomendasikan accu kering ga?

  21. Terima kasih dengan adanya blog ini sangat membantu kami para awam bercurhat ria.
    saya punya Wagon R+ 1998 yang memiliki masalah pada kaki2 bagian depan yang berbunyi gluduk2 pada saat melalui jalan yang jelek. setelah dibawa ke bengkel analisa Mang Mantri bilang kalo Tie rod end- nya kena. Dia goyang ban ke kiri dan kanan dan atas bawah, ternyata yg goyang ketika didorong ke kiri dan kanan. Benarkah analisa Mang Mantri ini? Berapa kisaran harga tie rod end ini?

  22. saya punya karimun th.2001, baru beli. terod, boljoint, borem, udah di servis, bunyi glodok-glodok jika melintas di jalan rusak jadi hilang. Tetapi muncul bunyi di bawah stir, dan si bengkel nggak tahu di mana masalahnya. Teman-teman ada yang bisa kasi info nggak?

  23. kejadiaannya sama kaya mobil saya….. kebetulan baru beli seken,,,,,, kaki2 sebelah kanan agak bunyi glodok2 kalau kena lobang…… saya bawa ke bengkel resmi suzuki n mereka langsung ngejudge harus di ganti semua tie rod n ball joint yang semuannya seharga 4 jutaan,,,, dalam hati miris sekali baru beli langsung ngeluarin dana 4 juta lagi buat kaki2…….. akhirnya saya putuskan tidak betulin disono,,,,,,, akhirnya saya bawa ke bengkel MUR-MER di pinggiran jalan kota medan……. ternyata setelah di cek n recek…… karet shockbrekernya udah jebol,,,,, jadi shock langsung ketemu body…….. pentesan bunyinya ampun…… ganti karet dengan INDOPARTS semua beres….. cuma abis 100rb dan 50 rb ongkos……. mantapkan……

    WTA: apakah ada alat untuk memperhemat bensin karimun? kok kayanya mesin 1000 cc harus minum bensin 1 liter buat 9 KM? wajar gak sih? mungkin ada gak karimun temen2 yang di 1 : 15 atao paling parah 1 : 12 ?

  24. Saya sudah cek EPS ke Suzuki dan direkomendasikan untuk ganti dinamo ampere nya karena Power Steering EPS nya tidak rusak.
    Saya sudah ganti aki baru dan dinamo ampere tapi kenapa lampu EPS masih suka menyala ya?

  25. Bagusnya Suspensi belakang karimun pake ori pa aftermarket??
    Cos yg ori lemah bgt terlalu lembek jd mentok trus??
    Mohon Infonya..thx

  26. =Bagusnya Suspensi belakang karimun pake ori =pa aftermarket??
    =Cos yg ori lemah bgt terlalu lembek jd mentok =trus??
    =Mohon Infonya..thx
    —————
    klo aku suspensi belakangnya diganti dengan yg menggunakan gas. aga lebih keras dan awet. juga lebih murah.

  27. Andrian Willyan Djaja

    bencol_man // Juni 15, 2009 pada 8:17 am

    saya punya karimun th.2001, baru beli. terod, boljoint, borem, udah di servis, bunyi glodok-glodok jika melintas di jalan rusak jadi hilang. Tetapi muncul bunyi di bawah stir, dan si bengkel nggak tahu di mana masalahnya. Teman-teman ada yang bisa kasi info nggak?


    itu harus ganti plunger bos..

  28. saya punya karimun 2001. kaca rating belakang kanan mobil saya pecah. rekan2 ada yg tahu brp harganya dan dimana. saya tinggal di Denpasar, Bali. Thanks…

  29. teman-teman sekarang ada VALLEN sport damper buat coil spring si MunMun.. boleh di coba tuh.kerja kaki2 jadi lebih enteng dan mobil jadi lebih stabil..info cari di daerah masing2 ya.. :-)

  30. saya baru beli karimun 2000 di shorow room di bogor eh..keluar dari show room bagian dpn roda dpn kanan sdh bunyi gluduk2..tp sebentar ilang sebentar kemudian bunyi lagi ..pusing nich ..saya cek di bengkel resmi suzuki suruh ganti tirot,long tirot keluar dari bengkel ilang tapi jalan 1 km bunyi lagi..karena jengkel saya diamin aja eh lama kelamaan ternyata sampai sekarang ilang sendiri gluduk2nya….selamat tinggal gluduk2…

  31. saya punya karimun th.2000, beberapa bulan terakhir ini muncul problem bila melintas di jalan yang tidak rata roda depan bunyi klok-klok saya merasa tidak nyaman saja, apakah permasalahan ini ada pada tie rod nya?

    • sama mas saya juga baru beli karimun th 2001…dari beli sudah ada glodok 2 depan ….setelah saya cek ternyata karet sock saya ganti…masih bunyi…tapi berkurang….beberapa hari lalu bunyi lagi….ternyata karet boss stir….saya ganti ….sudah lumayan….terot okey…kemarin habis luar kota bunyi glodog 2 lagi dijalan rata…tetep bunyi….ini saya cek lagi…ternyata….sock depan kiri gembos….saya ganti baru sekarang dan….belum tau hasilnya….karena saya terlanjur seneng akan saya coba perbaiki apapun kerusakanya…
      krn mobil sudah saya tes untuk kenceng jalan 90 atau 100 tetap enak dan bbm irit diatas satu duabelas…..saya juga pakai alat icharge di karimun saya…agar kelistrikan terjamin….

      • Mas Agung, kok bisa irit segitu yah? saya punya 2005 sdh saya beli setahun lewat, kemarin lebaran saya bawa ke jogja ternyata cuma 1:10, padahal penumpangnya cuma 3 termasuk sopir, bagaimana bisa seirit itu pak mas? kasih ilmunya dong…

  32. karimun 2001 saya EPS nya kadang berat..terutama kalo pagi kenapa ya? kata bengkelnya harus di ganti modul EPS nya,
    ada solusi untuk perbaikan modul EPS nya ? kalo pasang capasitor blank dimana ya?

  33. Salam kenal…Sy pengguna Karimun Classic 2001 n pake Velg R15 Ban Brigestone GIII tp dah g mentok2 lg krna per belakang sy ganti punya Escudo potong disesuaikan.Buat kawan2 yg pake Mumun kt berbagi pengalaman ya…

  34. kalau saya baca semua permasalahan karimun ada di kaki2, saya pengguna karimun kotak thn 2000 dan saya beli waktu itu 2nd pada tahun 2004, jadi sudah hampir 6 tahun saya memakai karimun. yang sudah pasti tie rod setiap tahun diganti dan selama 6 tahun ini sudah ganti ball joint 4x (yang 3x indoparts yang terakhir pakai asli jepang)dan terakhir as roda depan 1 set sampai saat ini belum ada kerusakan lagi sdh 2 tahun, jarak tempuh kendaraan 1 hari 65km. yang menjadi pertanyaan di depan sebelah kanan ada bunyi gluduk2 kecil (bunyi terr.. terr.) dan setelah dicheck sama beberapa bengkel tidak ketemu baik di laher, tierod, long tierod ball joint , karet support shock. mohon informasi dari bro bro apabila memiliki kasus yang sama, terima kasih

  35. Karimun saya th 2000, kalau pagi hari mau jalan kok masuk posneling mundur, agar radah susah, kadang bunyi krak, tapi kalau sudah jalan (panas) tak ada masalah, semua lancar.

  36. @lybertus
    mungkin jika mesin belum panas kan oli belum menyebar ke mesin … nah setelah panas kan oli sudah siap melindungi jadi baik baik saja

  37. memang karimun kotak tdk bisa irit lagi ya…punya saya tahun 2002 paling2 hanya 10-11km/liter…reck end harganya berapa ya sekarang 2011?

  38. saya punya karimun 2000, beli second belum lama ini. saya mempunyai masalah pada lampu indikator EPS yang sering nyala (mesin saya matikan dan nyalakan kembali EPS sudah mati) dan radio yang sering mati, lampu-lampu ac dan lain2 juga kayak redup terang gitu. permasalahnanya dimana ya? apakah Accu? kabel2 yang kendor? conektor? atau sekring? bisa dibantu?
    terimakasih.

    • sama percis gan masalahnya sama mumun saya th2000 jg.gmn gan sudah dapat solusinya? bisa di share gan? dugaannya si sama kaya agan accu dan socket2.thanks ya gan…

  39. Karimun Klasik ya memang itu cirikhasnya, krn kalo gak bunyi berarti karimunnya diam dong. Saya jg pakai Mumun Klasik th.2002 penyakitnya ya sama dg Agan-agan diatas, gluduk2 suara di ban belakang, ut tanjakan agak lemot, ya 1000 cc pakai Ac, jalannya tanjakan ya agak berat kerja mesin. Sy pakai jg Kijang Lgx th.2000 ut tanjakan di Puncak dr arah Cianjur jg sama ngos-ngosan jg sampai hrs dimatiin dulu Ac nya baru agak ringan. Krn Mumunku msh standar abis ya spt itulah kata Bengkel. Mungkin kalo sdh dimodif mesinnya ya ada perubahan, Mgk Agan agan ada solusi bs dibantu, Makasih banyak atas bantuannya. Salam ut pengguna Karimun. . . . . .

  40. harga balljoin / terrot, karet2, serta ban depan ring 14 berapa gan, ada yg tau gak..?

  41. mohon pencerahannya neh..sy lg cari body kit for karimun kotak daerah tangerang dmana ya..sukur2 uda ada yg jadi…thx

  42. Saya baru beli karimun th 2001 di Medan, baru sy pakai 3 bln, ada masalah di bagian roda kanan depan. Asal lewat jalan gak rata/berlubang bunyi gluduk2 kadang2 glodok2 bahkan sampai bunyi glidik2 macam ada besi yg beradu. Udah dicek ama mekanik katanya karet tapak shockbrekernya minta diganti. Sudahpun saya ganti tp tetap aja bunyi2 bahkan tambah parah. Kira2 apa ya penyakitnya. Ambo jadi pening kiniko mamikikan mobil ambo tu. Kok ado dusanak, kawan2 yg bisa bantu, tolonglah bantu ambo yo. Tarimo kasih dah…!

  43. Tolonglah bagi kawan2 penggemar karimun dimanapun berada kasih solusi utk penyakit mobil ambo tu. Ambo tinggal di Sibolga, Sumatera utara. Di tampek ambo satu kabupaten, hanya ambo sorang nang punyo mobil karimun tu. Jadi agak payah cari bengkel yg bagus di sana….!

  44. Penyebab bunyi-bunyian di kaki-kaki Suzuki Karimun antara lain disebabkan oleh :
    1. Rusak/ausnya Balljoint
    2. Rusak/ausnya Tie-rod
    3. Rusak/ausnya Karet Support Shock absorber (S/A)
    4. Rusak/ausnya Steering Rack
    Penyakit kaki-kaki yang ditandai bunyi “klutukan” ketika melewati jalan tidak rata sering dialami oleh pemilik/pengguna Suzuki Karimun. Penyakit ini disebabkan dengan ausnya Rack Plunger Karimun (oblag/pecah) sehingga akan menimbulkan bunyi yang sangat-sangat kurang nyaman di telinga ditambah lagi pada steering rack Karimun sebelah kanan tidak dilengkapi oleh bushing seperti pada steering rack sebelah kiri sehingga makin memperparah suara berisik.
    Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan mengganti rack plunger SGP yang terbuat dari plastik (lebih mudah aus/rusak) dengan rack plunger aftermarket yang terbuat dari Teflon sehingga diharapkan dengan penggantian part tersebut bisa diminimalisir keausan yang terjadi pada steering reck. Untuk meyempurnakan penggantian rack plunger tersebut, dibuatkan juga bushing steerig rack sebelah kanan menggunakan bahan teflon sehingga steering rack dapat lebih handal dan awet jika sering melewati jalan tidak rata. Sumber: Unggul Pribadi
    Semoga bisa membantu.

  45. Ping-balik: Seputar Power Steering Karimun | Suzuki Karimun « dedoncsthoughts

  46. Gini gan masalah keluhan anda bunyi bagian roda depan adalah scok beker yang perlu di cek, menurut pengalam saya milik aku dah baik dengan saya ganti scok beker depannya. Untuk masalah EPS se x x jangan dicekkan di bengkel yang kurang prof lebih baik dibawa ke bengkel resmi suzuki aja, milik aku stri banting kiri trus setelah saya bawa ke deler sembuh dalam waktu setengan jam aja dengan ongkos 105 ribu…… dah yeh

  47. @jaka …. bengkel resmi suzuki yang dimana ?
    tq

  48. Help… Karimun saya th 2000, setir kok bisa belok sendiri? awalnya gejala setir tiba2 berat ringan, terus lama2 narik ke kiri, kalo lg jalan lepas setir langsun belok ke kiri. Heran lagi setelah hujan masuk ke garasi (lantai keramik) mobil berhenti tiba2 setrir bisa belok ke kiri sendiri, apa masalahnya ya..? saya curiga di EPS karena ga mungkin di ban & kaki2 karena ternyata mobil bisa belok sendiri kondisi berhenti.
    Ada yang bisa bantu..? Atau mungkin ada pengalaman sama…?

    • Coba di cek EPS nya dulu, krn sistem EPS karimun kotak ini pakai listrik dari accu. Sapa tau (mudah2an tidak), EPS nya konslet. Padahal mesin mati..jd ada kemungkinan EPS tsb bergerak dg memakai listrik dari accu nya.

  49. aq baru beli karimun 2001 buat istri & mo nanya agan2 skalian ada yang tau bengkel karimun yang sip di sidoarjo sekitarnya gak utk betulun suara bedug di bagian depan? trs satu lagi ban mobil belakang dua2nya aus sebelah dalam, yang sebelah luar masih tebel..kira2 knp & apa perlu di spooring & balancing ? matur nuwun

    • sy jg tinggal di sidoarjo, pemakai mun mun 2001, utk masalah kaki2 lgs bw aja ke bengkel understel “MASPIAN” jalan arjuno surabaya, sy jamin kaki2 mun mun bakal sehat kembali

  50. Terimakasih banyak, artikel ini sangat membantu,..

  51. Terimakasih,. Blog ini sangat membantu sy, barusan EPS KK sy nyala terus,. Setelah sy cek dan pencet2 semua conektor, ( karena sy Ъªк tau pasti mana konektor EPS ) hasilnya EPS berfungsi normal kembali,..

  52. mohon info, kalau setir kadang berat sewaktu di belokkan apalagi dlm keadaan mesin menyala tp mobil posisi diam, apakah itu tanda ada kerusakan di sistem EPS ? Karimun saya tahun 2002.
    terima kasih atas bantuannya.

  53. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan mengganti rack plunger SGP yang terbuat dari plastik (lebih mudah aus/rusak) dengan rack plunger aftermarket yang terbuat dari Teflon sehingga diharapkan dengan penggantian part tersebut bisa diminimalisir keausan yang terjadi pada steering reck. Untuk meyempurnakan penggantian rack plunger tersebut, dibuatkan juga bushing steerig rack sebelah kanan menggunakan bahan teflon sehingga steering rack dapat lebih handal dan awet jika sering melewati jalan tidak rata.
    itu semua sudah kami lakukan n berhasil!!!! permasalahan stir berat karena awal permasalahan sebelum lepas rekstir soket aki kami lepas,,setelah rekstir turun n naik kembali, aki terpasang dan sudah starter mesin tetapi soket dinamo power belum terpasang,,pada saat itu juga mesin kami matikan n soket dinamo kami pasang, ada gendala stir berat dan EPS menyalah,,sebelumnya mobil normal ,,apa permasalahannya ya,,,n gimana solusinya !!! mohon bantuannya.

  54. Pak Dion,alamat bengkel tersebut dimana ya? Mohon share dengan jelas ya Pak.
    Masalahnya dimana/penyebabnya apa?
    Dan apa yg diperbaiki? Berapa biayanya?
    Mohon ya Pak…butuh banget infonya.
    Makasih

Tinggalkan Balasan

