Pilih A/C atau ECO ?


eco acSistem pendingin Karimun agak sedikit unik. Kenapa? ya karena kalau diperhatikan ada dua buah tombol disebelah saklar fan ON/OFF yaitu ECO dan A/C. Meskipun fungsinya sama untuk mengaktifkan sistem pendingin namun cara kerjanya agak sedikit berbeda.

A/C Jika tombol ini dalam posisi ON (lampu indikator menyala) maka sistem pendingin Karimun akan bekerja secara full untuk mendinginkan kabin, hal ini ditandai dengan nyala kompressor yang lebih lama. Positifnya tentu saja kabin lebih cepat sejuk, cocok digunakan untuk pemakaian kala siang hari dengan panas terik. Negatifnya tarikan mesin menjadi lebih berat kala kompressor bekerja dan lebih boros bahan bakar, terlebih jika di dalam kemacetan.

ECO Jika tombol ini dalam posisi ON (lampu indikator menyala) maka tombol A/C akan pada posisi OFF begitu juga sebaliknya. Fungsi tombol ini sama, yaitu untuk mengaktifkan sistem pendingin, namun kerjanya dibuat pada mode ECO dari kata econo mode (mode irit). Kompressor tidak bekerja secara full, hanya menyala sebentar untuk kemudian mati. Positifnya dari mode ini, mesin tidak begitu terbebani karena kompressor hanya menyala sebentar, bensin lebih irit. Negatifnya karena mode irit, maka sejuknya kabin juga dibikin irit.

Pilih Saat Yang Tepat

Karena ada dua pilihan dalam menyalakan sistem pendingin ini, perlu dicermati kapan saat yang tepat untuk menggunakannya. Pilihan ECO sangat cocok jika menginginkan pendinginan sepoi-sepoi, namun mesin tidak terlalu terbebani dan lebih irit bahan bakar, pada saat malam hari, pada saat hari hujan, udara di luar cukup dingin/sejuk, atau anda sendiri sedang kedinginan (mungkin karena flu/sakit). Sebaliknya jangan gunakan ECO jika kondisi di luar sangat panas terik, macet, alhasil anda tidak mendapatkan kesejukan melainkan keringatan😀.

9 responses to “Pilih A/C atau ECO ?

  1. bos ditunggu artikel lainnya.. sangat menarik artikel2nya untuk yg pemula di karimun.

  2. knp ya mbl karimum saya da problem pd padal gas_a,sewaktu mengijak kompling RPM naek trus urun_a agak lama.

  3. Saya penguna baru karimun…knp klo oper gigi di tanjakan tarikanya terasa berat…thank infonya

  4. pandawalimatsrt@yahoo.com

    ac karimun tidak berpungsi dengan baik, kadaang hidup kadang mati bagai9mana solusinya ya

  5. pandawalimatsrt@yahoo.com

    mobil karimun sya sekarang ini sedang sakit 1; ac mati , 2; suara mesinnya berisik, padahal mesinya kecil cuma 790cc, bagaimana ini sudah buang buang duit saya ni tapi masalah belum juga kelar

  6. karimun saya knp yaa kalo misal lagi macet atau jalan nya pelan ac nya suka ga dingin tapi kalo lagi di pacu kenceng sekitar 60-100 itu ac nya dingin banget,,,
    ada masalakah dengan acnya atau gmn?
    thanks infonya

  7. hery_kartadinata@yahoo.com

    Bisa tanya kalau mobil karimun tahun 2002 baru saya pakai 1 bulan
    bila kecepatan 70 km / jam di jalan tol roda depan terutama ban kiri
    bergetar keras sampai pengaruh ke stir mobil

  8. Great post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Extremely useful info specially the last part🙂 I care for such info a lot. I was looking for this particular information for a very long time. Thank you and good luck.

  9. Permisi gan,numpang tanya,saya punya baleno 97,ketika mesin di start pagi2,rpm idle tidak stabil dan tidak serta merta menunjuk ke rpm 1000(normal rpm idle tanpa ac menyala)padahal sebelumnya pedal gas sudah saya kocok,penyebabnya apa ya gan?terus kedua,ketika ac dinyalakan,rpm idle malah ngedrop sampe 700-800,dan tidak balik lg ke rpm 1000,akhirnya saya ambil keputusan rpm idle saya naikkan sampe 1200,alhasil ketika ac dinyalakan ngedropnya nunjuk ke angka 900 rpm,kalo masalah seperti ini penyebabnya apa ya gan?mohon arahan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s