Pengenteng Kopling Karimun


Beberapa pengguna Karimun kotak sering mengeluhkan pedal kopling Karimun yang terasa sangat keras, alhasil kalo ditengah macet sangat-sangat menyiksa apalagi bila pengendara seorang wanita.

Ada beberapa komen mengenai penyebab kerasnya kopling ini, seperti kopling yang sudah mau habis atau kabel kopling yang mulai seret karena karat atau pelumasnya sudah kering. Ada juga yang berpendapat kalau mobil SUZUKI seperti Karimun, Carry dan Katana memang mempunyai kopling yang cukup keras.

Tapi tenang ada kok solusinya, sekarang sudah ada yang menjual paket kit-add-on untung pengenteng kopling (pedal kopling tepatnya) yang bisa langsung diaplikasikan dan dirasakan khasiatnya (he he he kaya obat aja).

Paket kit ini memang tidak akan di temui di BERESS, saya sendiri mendapatkannya di Toko 74 yang menjual spareparts SUZUKI di Atrium Senen di Pusat Onderdilnya lantai paling atas, harganya berkisar Rp. 250.000,- per set belum termasuk pemasangan. Ongkos pasangnya sendiri sekitar Rp. 50.000,- Tapi kalau mau masang sendiri gampang kok, saya berikan step-stepnya.

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN

Sebelum memulai siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan.

  1. Dongkrak
  2. Kunci Sok 12, 10, 14
  3. Tang Buaya
  4. Senter (jika garasi cukup gelap)

CanonA75 163STEP 1

Dongkrak Karimun sehingga cukup ruang bagi Anda untuk ngolong dibagian depan Karimun, pastikan dongkrak terkunci dan posisi cukup kuat.

STEP 2

CanonA75 165Lihat pada bagian mounting disisi kanan depan yang menahan posisi kabel kopling, buka 2 buah baut dengan kunci pas.

CanonA75 168STEP 3

Setelah 2 buah baut dicopot, pasang mounting baru
di tempat tersebut, dan pasang kembali bautnya, kemudian kencangkan.

Setelah terpasang akan tampak seperti gambar di samping ini. Mounting yang baru juga mempunyai lubang untuk jalur kabel kopling, nantinya kita akan memindahkan jalur kabel kopling melalui lubang mounting baru tersebut.

CanonA75 169 STEP 4

Lepaskan kabel kopling dari pengaitnya yang ada di depan bawah dekat dengan bumper, copot juga dari jalur kabel kopling yang lama kemudian masukan ke jalur kabel kopling yang baru.

CanonA75 171 STEP 5

Sekarang saatnya untuk melepas lengan pengait kabel kopling dari tempatnya. Gunakan tang buaya untuk membuka pin pengaman. Setelah itu kendurkan baut pengunci sehingga lengan pengait kabel kopling dapat dilepas.

STEP 6

CanonA75 172 Setelah dilepas pasang dengan mounting yang ada sehingga lengan pengait menjadi lebih panjang. Kunci dengan mengencangkan bautnya. Nanti setelah terpasang akan tampak seperti gambar disamping.

Sebenarnya disinilah letak kunci fungsi pengenteng kopling, yaitu dengan memanjangkan lengan pengait ke kabel kopling, seperti prinsip pengungkit dimana makin panjang lengan pengungkit maka gaya yang diberikan makin kecil untuk mengangkat benda.

CanonA75 176 STEP 7

Pasang kembali lengan pengait pada dudukannya, pasang pin pengaman dan pasang kembali kabel kopling yang telah melalui jalur mounting baru ke ujung pengait yang baru.

Setelah terpasang dengan baik dan benar, turunkan dongkrak, kemudian tes injak pedal kopling, coba rasakan, mak nyuss entenggggg…. kayak kopling sedan he he he, kalo gak enteng ada gak ada perubahan berarti ada yang salah pemasangannya, cek lagi.

NOTE:
Jangan lupa untuk mengatur jarak main kopling dengan mengatur baut pada kabel kopling, bisa dikencangkan atau dikendurkan sesuai selera.

30 responses to “Pengenteng Kopling Karimun

  1. Pasang pengenteng kopling karimun ada efek negatifnya tidak??

  2. to Dewi
    setahu saya efek negatif sih tidak ada karena tidak ada komponen yang diganti, hanya add-on saja, justru pedal kopling jadi lebih ringan.

  3. saya mau pesan pengenteng kopling dan puli kecil. bagaimana. adakah yang jual di surabaya.
    kalau mau beli bagaimana

  4. Mas, sorry ganggu. Kopling saya juga keras banget. Saya pakai Picanto dan baru dua bulan ganti kopling (matahari dan kampas), tapi sudah keras lagi. Bengkel resmi KIAnya bilang bahwa mungkin mataharinya rusak, lho? Baru ganti kok udah rusak lagi? Kira2 apakah memang penyakit mini city car kayak gini kopling keras yah?

  5. wahhhhhhhhh, dapat temuan baru. ini web beda dari yang lain. jadi segar pikiran saya, pak. meski nggak begitu mudeng dengan mobil dan isinya, tapi setidaknya menyelamatkan saya dari perjalanan menuju situs2 bau kambing. hehe,,,,,,,,,, bagus ni tip & triknya….🙂

  6. Salam,

    saya sudah coba pengenteng kopling ini, dan saya sangat merekomendasikannya. Saya juga tahu tentang alat ini di Senen, ketika ngobrol2 dengan pengguna Karimun lain.

    Menurut saya, ada sedikit efek samping (sangat minor lah). Saya merasa setelah menggunakan pengenteng kopling tersebut saya merasakan tarikannya agak lambat di awal (seperti telat gitu). Tapi, jika tidak terlalu sering memaksa gas, hal ini jelas tidak terasa.

    Karena benefit-nya melebihi cost-nya, saya sih puas-puas saja. Oh ya, saya juga masang sendiri kok, sekalian ganti kopling baru karena sudah 5 tahun.

    Good luck!

  7. om admin saya ijin posting artikel ini i di web suzuki-id.org dan link utama tetap ke sini

  8. Saya pemilik Karimun 2002, 100.00km. Masalah seperti tarikan keras di kopling untungnya tidak pernah saya hadapi, malah sy merasa sedang saja…but skrg ini sy ada masalah dimesin saya terdengar seperti grogok grogok, seperti kering…sy sdh tune up tapi tetap saja tidak halang. Ada yang tahu tidak masalahnya dimana ? tks

  9. Friends,
    saya perlu nomer telepon toko 74 di atrium Senen,yg.jual pengenteng kopling Karimun,saya di Bandung,mau pasang juga,mau tanya ke toko 74 kalau di Bandung di jual di mana ?
    Terima kasih untuk yg.bisa bantu saya.

  10. karimun itu mobil kecil, kalo masih kecil aja udah ribet, gimana gedenya. so. pilihlah mobil kecil yg mumpuni,.. seperti : A140, B170 mercedes. gitu aja kok repot, jgn kayak orang susah..

  11. klo mobil masih baru udah keras apa penyebabnya?nanti klo di modif ilang garansinya.

  12. Friends,
    Mobil saya yaris thn 2005, apkh bisa tolong saya spy koplingnya jadi ringan, menurut Auto2000, vios juga begitu dan saya perlu nomer telepon toko 74 di atrium Senen,yg.jual pengenteng kopling Karimun,saya di Bandung,mau pasang juga utk yaris ,mau tanya ke toko 74 kalau di Bandung di jual di mana ?
    Terima kasih untuk yg.bisa bantu saya.

  13. wah pengen jg tuh. tar aza klo jd bli bo’ilnya. abis ga da yg jual 50jt-an.

  14. selamat malam mas..saya ada masalah juga pada kopling karimun th 2003.baru 2 mgg saya ganti kopling dan mataharinya.mmg 1 mmg setelah diganti kopling terasa enteng bgt. tapi sekarang udah mulai keras lagi. saya mau coba “pengenteng kopling karimun”..bisa minta no telp toko yg menjualnya ga???tq

  15. bajoe adrijansjah

    mobil saya karimun tahun 2000.
    1. suara kipas radiator mobil saya sangat keras, apa itu normal ?
    2. ada suara menggelitik dari bagian mesin saat menggunakan AC. sudah
    ditune up dan setel klep berulang-ulang tapi tetap saja. bahkan kompresor
    AC juga sudah di servis. apa masalahnya ?
    3. mobil saya kelihatan lebih pendek (ceper) dari karimun lainnya, kalo mau
    ditinggikan apa bisa ? apa yang harus diganti ?
    mohon bantuan dari saudara-saudara pemilik city car khususnya karimun. thank’s.

  16. Mbl sy katana 2003, sejak dr baru smpi skrg koplingnya lunak banget bahkan vios ku yg 2005 terasa lebih keras koplingnya. Sekedar resep buat pemilik katana, ambil suntik bekas ngisi tinta printer, isi dgn oli mesin, lepas kabel kopling pada sisi pedal pengemudi, suntikkan oli tersebut sebanyak mungkin, estimasikan mengisi semua kabel kopling sampai ke ujung yg satunya. Pasang kembali kabel kopling ke pedal pengemudi, kocok2, dan rasakanlah setelah seminggu penggunaan kopling akan semakin lunak. Lakukan ini secara rutin setiap 6 bulan. Sy pastikan ga akan keluarin duit dr kantong anda. Selamat mencoba

  17. Masalahnya sama Karimun 2001 kopling keras, minta alamat yg jelas belinya dimana, trimks.

  18. apakah pemasanganya cocok/sama bila dipasang di carry extra?

  19. Tolong toko yg jual dan pemasangan pengenteng kopling tuk karimun disekitar pekalongan dan semarang trimakasih

  20. Bagus nih tipsnya. Prinsip kerjanya kurang lebih sama untuk sepeda motor.

    Kelebihan : Kopling enteng
    Kelemahan : jarak untuk meng-kopling lebih panjang
    Solusi : pengurangan/pelepasan kopling kudu agak cepat agar slip tidak terlalu banyak, tapi ini tinggal masalah membiasakan saja. (Jangan malah diperpendek setingannya agar kanvas kopling jadi lebih awet). Overall tidak menjadi masalah hanya perlu perubahan sedikit dari cara penggunaan kopling.

    Kesimpulan : Tips ini berguna banget, dan tanpa efek samping asal cara penggunaannya tidak terlalu banyak di-slip kopling.

    Mantab ! Recommended tips !

  21. sy pengguna proton 2010, tipikal koplingna jg keras, apa bs diaplikasikan dg alat diatas g yah, trus tlg cantumin no telp toko 74 di atrium Senen, mksh sblmnya mas🙂

  22. gan,biasanya klo pakai tambahan lengan efek negatifnya: speling//jarak bebas pedalnya jd berkurang kadang bisa ga ada speling.akibatnya kopling cpat hebis apa lagi kakinya sering ngegantung.

  23. bagus juga nihh jadi pengen cepet nyoba,tempat jual+pasang di denpasar bali dimana yaa??

  24. bagus sekali, saya di Bandung ingin mendapatkan. Mohon informasi toko penjual spare part pengenteng kopling

  25. Toko “74” – Iwan – Atrium – 0213846956, 02168888118.

  26. pa sy mau tny sy ada mbil karimun estillo thn 2008 knp ya kok koplingnya kdng keras…kdng ringan…apa perlu dgnti koplingnya atau bgmn?soalnya kdng kaki cape jg klo lg macet n perjalanan jauh…tq

  27. Yang jelas karimun itu untuk ketahanan mesin tiada duanya .bisa dibuktikan , dia city car tapi saya dah buktikan dia (krm klasik) mampu menaklukkan lintas tengah medan – jakarta tanpa kendala…coba mobil lain sekelasnya …

  28. How amazing are those photos guys?! It looks like such a wicked place! Have decided that am totally jealous and dont think i wanna speak to you any more Ben! Haha! No, really (after this msg tho )! You look brown already, and loving the fact you are wearing our awesome hat Ben! Everyone will be pleased! Hope you didnt take the attachments off! Lol!nMiss younLove younSugar Plumb Fairy!nxxx Come on http://tropaadet.dk/latishashelton7470081845

  29. klu digunakan u/ carry bs ndak y………

Tinggalkan Balasan

